1. 2.

30 Maret 2011

Penerima PKH di Jakut Menurun

JAKARTA - Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Jakarta Utara terus menurun. Pada awal diluncurkannya program ini pada 2007 lalu, jumlah keluarga penerima PKH mencapai 7.436 Rumah Tangga Sangat Miksin (RTSM). Namun pada 2011 ini hanya 6.304 RTSM. Penurunan ini menandakan, jumlah RTSM di Jakut juga ikut menurun.


Divisi Pengaduan Masyarakat PKH Jakarta Utara Rizal kepada utara.jakarta.go.id di Ruang Kerjanya menuturkan, program PKH yang dilaksanakan di Jakarta Utara cukup berhasil. Buktinya pada 2007 dan 2008 masih terdapat 7.436 RTSM yang tersebar di Jakarta Utara. Dalam jangka waktu tiga tahun, terjadi penurunan RTSM dan pada 2011 hanya terdapat 6.304 RTSM yang tersebar di Jakarta Utara.

PKH, kata Rizal, bertujuan untuk membantu RTSM guna membantu keluarga yang memiliki balita, ibu hamil, dan anak usia SD-SMP. Setiap RTSM akan mendapat bantuan dana sebesar Rp600 ribu hingga Rp2,2 juta per tahun. Dana ini disalurkan langsung atas nama ibu kepala keluarga melalui kantor pos terdekat. Agar penggunaannya tak menyimpang, setiap ibu akan didampingi sekretariat unit pelaksana PKH yang berkantor di Pemkot Jakut di lantai 13.

"Selama ini keluarga yang mengikuti program PKH taraf hidupnya terus meningkat. Agar tidak bergantung dari dana bantuaan program ini, warga juga melatih dirinya dengan keterampilan," katanya seraya menyebutkan Jakarta Utara menjadi daerah percontohan PKH sebelum Jakarta Timur dan daerah lainnya lantaran melalui program ini, jumlah RTSM terus menurun.(JAY)

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus)Butet (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor (Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Hasbullah Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : (Ka.Biro)