1. 2.

08 April 2011

700 Pohon Jadi Korban Pembangunan Tol Tg.Priok North South

JAKARTA, PB - PEMBANGUNAN akses tol Tanjungpriok seksi North South (NS) bakal mengorbankan 700 pohon. Namun ratusan pohon itu akan diganti dengan kelipatan 10 untuk setiap pohonnya. Dengan pembangunan akses tol ini diharapkan arus kendaraan berat yang melintas di Jl Yos Sudarso bakal berkurang.


Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono mengakui, pembangunan jalan tol Tanjungpriok NS akan menebang sedikitnya 700 pohon. Namun pohon-pohon yang ditebang itu akan diganti dengan kelipatan sepuluh untuk setiap pohonnya. “pohon-pohon yang ditebang itu akan diganti sepuluh kali lipatnya’ ujar walikota.

Sesuai dengan rencana, pemasangan tiang pancang pembangunan jalur tol tersebut akan menggusur sejumlah jalur hijau yang ada di sebelah kiri dan kanan jalan serta trotoar di Jl Yos Sudarso. Trotoar akan dibongkar selebar 1 meter dengan panjang antara 500-700 meter.

Sementara Kasdin Pertamanan Jakarta Utara Ratna Diah Kurniati memaparkan, pohon yang akan ditebang itu 600 di antaranya berada di trotoar dan sisanya terdapat di tengah. "Jalurnya kira-kira dari Jl Yos Sudarso sampai Jl Jampea," ujar Ratna.

Pohon-pohon yang ditebang, tambah Ratna, nantinya akan diganti PT Hutama Karya selaku kontraktor dan yang menentukan lokasi penanaman adalah Sudin Pertamanan Jakarta Utara. "Dalam pengerjaan proyek ini pihak kami akan memberi rekomendasi pohon mana yang bisa ditebang dan mana yang tidak. Adapun yang menjadi pelaksana adalah Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI," kata Ratna

Ratna menyebutkan sampai saat ini sebayak 325 pohon pengganti sudah ditanam di Taman Perintis Kemerdekaan Kelapagading. Lokasi penanaman lainnya masih berada di Jakarta Utara dan kemungkinan besar akan ditanam di daerah Kebon Pisang Penjaringan atau di Taman BMW Papanggo. Berdasarkan rencana, penanaman pohon pengganti itu akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan jalan akses tol Tanjungpriok seksi NS atau kira-kira selama 18 bulan.(ju/jay)

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus)Butet (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor (Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Hasbullah Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : (Ka.Biro)