1. 2.

01 April 2011

Titik Pantau Adipura Sudin Pertamanan Jakut Meningkat 20 %

Ir.Isdiantoro, Kasie Jalur Hijau Sudin Pertamanan Jakut.

JAKARTA - Jelang penilaian adipura tahap I, berbagai upaya dilakukan Sudin Pertamanan Jakarta Utara mulai dari perawatan taman, jalur hijau serta penopingan pohon-pohon, khususnya di titik pantau tetap, pantau wilayah maupun pantau cepat. Tercatat ada sekitar 15 taman dan kurang lebih 45 jalur hijau yang tahun ini menjadi titik pantau tetap dan wilayah pantau Adipura, jumlah ini meningkat 20 % dibandingkan tahun lalu, ujar Isdiantoro, Kasie Jalur Hijau Sudin Pertamanan Jakarta Utara.

Meski anggaran APBD sampai saat ini belum cair, namun untuk pekerjaan perawatan taman dan jalur hijau tetap dilaksanakan seperti biasa, seperti penyiraman taman dan jalur hijau seminggu sekali yang sementara ini di lakukan oleh pihak ke tiga. Namun yang berbeda, karna saat ini memasuki musim penghujan, pembabatan rumput yang biasanya sebulan sekali menjadi seminggu sekali, tambahnya.

Agar lebih mempercantik dan memperindah taman dan jalur hijau, setiap hari pihaknya selalu mengontrol setiap lokasi, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada tanaman yang mati atau layu serta mengontrol apabila ada pohon yang tumbang atau perlu di pangkas.

Adanya penurunan anggaran, Kasie Jalur Hijau tersebut menjelaskan bahwa anggaran yang di ajukan sebesar Rp. 24 M namun hanya menjadi Rp. 14 M. Padahal tahun 2010 lalu pihaknya mendapat anggaran sebesar Rp. 18 M berarti ada penurunan sekitar Rp. 4 M, meskipun ada penurunan namun tidak menyurutkan kinerja Sudin Pertamanan Jakarta Utara dalam merawat taman dan jalur hijau yang ada di wilayah Jakarta Utara agar terlihat indah dan asri. “paling kami hanya mengurangi biaya pembangunan maupun peningkatan taman dan jalur hijau” ungkapnya

Semua yang dilakukan Sudin Pertamanan Jakarta Utara semata-mata agar taman dan jalur hijau yang ada di wilayah Jakarta Utara terawat dengan baik dan terlihat hijau. Ini juga dilakukan demi mendukung Adipura, Adiwiyata, Adiguna serta Kota Sehat yang akan di wujudkan di Jakarta Utara, tegasnya.(jay)

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus)Butet (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor (Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Hasbullah Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : (Ka.Biro)