1. 2.

26 Mei 2011

Walikota Tandatangani Target Kinerja SKPD


JAKARTA, PB - Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono menandatangani penetapan kinerja Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Jakut 2011. Melalui penandatanganan ini diharapkan target pembangunan yang sudah dirumuskan teralisasi sesuai mata anggaran. Penandtanganan itu dilakukan seluruh UKPD di Ruang Pola lantai 2 Kantor Walikota, Rabu (25/5/2011) yang dihadiri seluruh UKPD.


Dalam sambutannya Walikota menegaskan, penetapan kinerja UKPD bertujuan memantau dan mengendalikan pencapaian UKPD, menilai pencapaian realisasi kinerja dalam laporan akuntibilitas kinerja instansi pemerintahan serta menilai keberhasilan UKPD. Selain itu penandatangganan penetapan kinerja diselengarakan dalam rangka tindaklanjut penetapan kinerja antara Gubernur DKI Jakarta dengan Walikota dan para Kepala Satuan Kerja Prangkat Daerah (SKPD).

Ditegaskan Walikota, penetapan kinerja antara Gubernur dengan walikota dan para kepala SKPD sudah dilaksanakan pada 25 maret lalu berdasarkan peraturan pemerintah No 8/2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 09/2007 dan 29/2010 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama yang menyatakan, setiap gubernur, bupati, walikota wajib menetapkan indikator kinerja utama (IKU) untuk pemerintah dan SKPD serta unit kerja mandirinya. "Saya harap penetapan kinerja pada 2010 lalu yang saya tandatangani bersama para walikota dan seluruh SKPD beserta gubernur yang belum optimal tidak terulang kembali tahun ini," kata Walikota.

Lebih lanjut Walikota menuturkan, dalam sistem anggaran berbasis kinerja diamanatkan agar alokasi anggaran pada setiap kegiatan harus jelas target kinerja yang akan dicapai baik output maupun outcomenya. "Saya mengigatkan tentang pentingnya penetapan kinerja 2011 yang akan menjadi kontrak kinerja Kepala UKPD dengan Walikota yang harus dilaksanakan untuk menghasilkan output dan outcome yang sesuai dengan tujuan dan sasaran. Banyaknya kerjaan yang menanti anda, sehingga jadwalkan semua pekerjaan yang ada agar semuanya tercapai. Apabila ada permasalahan langsung dikomunikasikan kepada instansi terkait," tegas Walikota.

Sementara Kepala Perencanaan Pembangunan Kota (Kapenko) Jakut Daryati Asrining Rini menuturkan, penetapan kinerja utama UKPD meliputi sudin, kantor, dan bagian sesuai dengan penetapan kinerja Walikota, meliputi target kinerja program untuk mempertahankan Adipura, penanganan RW kumuh, gerakan Jumat sehat, pelayanan terpadu, serta penataan kawasan unggulan. Pengukuran pencapaian target kinerja sesuai dengan dokumen yang telah ditandatanggani oleh aparat terkait, pengukuran akan dilakukan pada akhir tahun anggaran 2011. "Pengukuran kinerja dilakukan dengan membandingkan antara target kinerja dan realisasi kinerja," kata Rini.

Target kepala UKPD pada 2011 ini, tambah Rini, yaitu mempertahankan prestasi Adipura yang kelima, penanganan RW kumuh yang ditargetkan 18 RW dapat ditata, gerakan Jumat sehat ditargetkan dapat menurunkan incidet rate demam berdarah, meningkatkan pelayanan terpadu dan penataan kawasan unggulan 12 destinasi wisata pesisir.

Staff Redaksi


Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus)Butet (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor (Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Hasbullah Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : (Ka.Biro)